6:34:00 AM
Manfaat dan kandungan jeruk mipis (lemon)
Manfaat dan kandungan jeruk mipis (lemon). Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah tumbuhan perdu (tanaman yang memiliki banyak dahan dan ranting) yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.
Kandungan jeruk nipis yang sudah banyak kita ketahui adalah kandungan vitamin C nya yang tinggi dibanding jenis jeruk lainnya.

Kandungan jeruk nipis setiap 100 g nya, terdapat 51 kal kalori, 0,9 g protein, 0,2 g lemak, 11,4 gkarbohidrat, 0,5 g mineral, 33 mg kalsium, 23 mg fosfor, 0,4 mg besi, dan 49 mgasam askorbat. Jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, vitamin B1, dan C.


Si buah bulat yang asam ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Air buah jeruk nipis bisa dijadikan sebagai penyedap masakan, bahan pembuat asam sitrat, bahkan dapat membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor. Berikut akan dijabarkan tips bagaimana memanfaatkan jeruk nipis.

Manfaat dan khasiat jeruk nipis bagi kesehatan :
  • Ambeien
  • Ambil 10 gr akar pohon jeruk nipis, cuci bersih. Rebus dengan 1 liter air selama kurang lebih 30 menit, saring. Diminum 3 kali sehari dalam keadaan hangat-hangat.
  • Amandel
  • Siapkan 3 buah jeruk nipis, ambil bagian kulitnya saja kemudian dicuci bersih dan dipotong-potong. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa ¾ bagian. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur, lakukan secara rutin 3-4 kali sehari.
  • Batuk Disertai Influenza
  • Ambil sebuah jeruk nipis masak dengan kandungan air yang cukup banyak dan peras sarinya. Seduh air perasan jeruk nipis tersebut dengan 60 cc air panas dan tambahkan ½ sendok the air kapur sirih, aduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.
  • Batu Ginjal
  • Ambil 2 buah jeruk nipis kampung, diperas sarinya dan diencerkan dengan 2 gelas air hangat. Minum ramuan ini secar rutin selama 10 hari sehabis makan malam. 
Manfaat jeruk nipis bagi kecantikan :
  • Jerawat, Salah satu manfaat jeruk nipis adalah menghilangkan jerawat secara alami. Cara cukup dengan mengiris satu buah jeruk nipis dan gosokkan pada kulit wajah.
  • Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe
  • Siapkan dua buah jeruk nipis dan potong masing-masing menjadi 3 bagian, oleskan secara merata pada kulit kepala. Bungkus rambut menggunakan handuk semalaman, keramaslah pada keesokan harinya. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu.
Melangsingkan Badan

Buatlah secangkir hangat teh hijau kemudian tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis. Lakukan setiap hari secara rutin pada pagi dan sore hari. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan khasiat yang bisa kita manfaatkan dari kandungan jeruk nipis. Jeruk nipis bisa membantu untuk memutihkan serta menghaluskan kulit tubuh, membantu menghentikan kebiasaan merokok, dan masih banyak lagi manfaat dan khasiat lainnya. Pada lain kesempatan akan dibahas kembali mengenai khasiat dan manfaat dari buah jeruk nipis ini. Semoga penjelasan diatas bermanfaat. Selamat mencoba!

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content