2:47:00 AM
3
Manfaat dan kandungan gula aren
Manfaat dan kandungan gula aren. Gula aren merupakan salah satu olahan makanan bersumber dari hasil pengolahan air nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Pengolahan nira hingga menjadi gula aren melalui proses perebusan hingga nira berubah menjadi cairan kental da berwarna pekat.

Gula aren banyak dikonsumsi sebagai salah satu bahan pemanis alami yang cukup aman bagi tubuh, selain itu kandungan dalam gula aren tersebut cukup penting peranannya untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi tertentu.

Kandungan gula aren.

Dalam gula aren terkandung beberapa unsur makro dan mikronutrien, diperkirakan, kandungan keduanya dalam gula aren lebih tinggi dibandigkan gula putih.

Beberapa kandungan mikronutrien dalam gula aren antara lain : Thiamine (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Nicotinic Acid (vitamin B3), Pyridoksin (vitamin B6), Cyanocobalamin (vitamin B12), Ascorbic Acid (Vitamin C), dan Garam mineral(sumber : S.Natarajan Msc,Palm Sugar, erode, Tamil Nadu – India, 2006).

Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

Kegunaan yang paling terkenal dari aren adalah untuk campuran masakan atau kue. Terutama untuk pemanis dan perisa pada kue, kolak es campur ataupun es dawet. Berbagai macam campuran makanan itu yang sering kita jumpai. Selain itu ternyata gula aren bermanfaat untuk kesehatan. Ada banyak manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat kandungan dalam bahan gula aren. Berikut akan dijelaskan apa saja kegunaan gula aren bagi kesehatan tubuh.
  1. Manfaat gula aren yang pertama adalah dapat mencegah anemia. Kandungan zat besi yang tinggi sangat berguna bagi penderita anemia. Anti oksidan pada gula aren juga berguna untuk tubuh guna menangkal berbagai macam radikal bebas pada tubuh. Dengan mengkonsumsi gula aren dapat mencegah anemia dan menangkal radikal bebas sehingga tubuh tetap sehat. 
  2. Manfaat gula aren yang kedua adalah mampu meningkatkan daya tahan atau stamina tubuh. Rasa gula aren yang manis mampu membuat suhu tubuh menjadi hangat. Selain itu gula aren kandungannya juga berkhasiat untuk membantu memperlancar peredaran darah, mengurangi rasa nyeri dan menguatkan limpa. 
  3. Manfaat gula aren selanjutnya adalah mampu menormalkan kolesterol. Fungsi ini dapat dilihat dari kandungan niacin dalam gula aren yang mampu menormalkan kolesterol dalam tubuh. Niacin ternyata mampu menghaluskan kulit dan membantu sistem pencernaan serta sangat bagus untuk bibir pecah pecah serta sariawan. 
  4. Gula aren dapat digunakan untuk menyembuhkan rematik, gangguan ginjal dan masuk angin. Untuk mengatasi berbagai macam penyakit ini gula aren dijadikan bahan campuran untuk bahan obat obatan lainnya. Untuk mengatasi rematik gula aren dicampur dengan pulosari, adas dan cocor bebek. Sedang untuk mengatasi gangguan ginjal gula aren dicampur dengan rimpang temulawak, kumis kucing dan segenggam meniran. 

Manfaat gula aren yang utama sebagai pemanis memang yang selama ini dikenal. Sejarah pemanfaatan gula aren untuk kesehatan telah ada sejak zaman dahulu kala sebut saja minuman semacam sekoteng dan bandrek sangat ampuh untuk mengusir sakit masuk angin atau menghangatkan badan. Kemajuan ilmu pengetahuan juga membawa dampak positif terhadap dunia kesehatan salah satunya mengenai informasi manfaat gula aren. 

Dengan begitu banyak kegunaan gula aren jika tak kita maksimalkan akan sangat disayangkan. Semoga ulasan ini dapat menambah khasanah pengetahuan anda. Gula aren sebagai jenis gula alami dan diproduksi oleh masyarakat indonesia ternyata banyak mengandung manfaat. Selain kegunaan yang telah disebutkan diatas, kandungan kalori gula aren ternyata lebih sedikit dibandingkan dengan gula putih. Nilai kalori yang sedikit ini tentu cocok digunakan bagi penderita diabetes atau yang sedang diet. 

Gula aren yang berasal dari pohon aren dalam bahasa latin disebut arenga pinata tak hanya bermanfaat untuk dijadikan pemanis. Dengan ulasan ini semoga bermanfaat untuk kita semua. Semoga dengan membaca artikel mengenai manfaat gula aren ini anda semakin mengerti jika banyak sekali obat alami yang bisa anda dapatkan.


3 komentar:

Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content