7:43:00 AM
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Lidah Buaya / Aloe Vera. Mendengar namanya saja pasti sepintas akan membuat bulu kuduk kita berdiri, karena yang terbayang ialah lidah dari hewan predator yang sangat ganas dengan gigi yang tajam.. walaupun sebenarnya lidah buaya itu tidak seperti lidah kebanyakan hewan yang bisa di julurkan. Lidah pada buaya menempel di sepanjang mulutnya. Jadi terkesan seperti tidak memilki lidah.

Tapi tunggu dulu kawan, lidah buaya yang kita bahas kali ini bukan lidahnya si buaya.. tapi salah satu jenis tanaman yang bernama lidah buaya. Mungkin kenapa diberi nama seperti itu dikarena bentuk daunnya yang tebal dan seperti bergerigi layaknya mulut buaya... heehe. 

Umumnya kita sering mendengar lidah buaya banyak di manfaatkan sebagai obat alami penyehat rambut dan Penghilang Ketombe. Dan memang banyak terbukti kebenarannya.. makanya banyak produk sampo yang mencantumkan nama tanaman ini di produk samponya. 

Tapi sebenarnya pemanfaatan lidah buaya / Aloe Vera ini tidak sebatas pada penyehat rambut dan Penghilang Ketombe saja loh kawan. Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar atau mencicipi minuman berbahan baku lidah buaya ? kalau untuk admin sendiri sih belum pernah mencobanya, tapi admin pernah mendengarnya. Lalu sebenarnya apa sajakah manfaat yang terkandung di dalam lidah buaya ? untuk lebih jelasnya mari kita simak informasi berikut ini 

Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. 

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Lidah_Buaya)Kandungan Gizi / Nutrisi Lidah Buaya / Aloe Vera

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Lidah Buaya :

Nama Bahan Makanan : Lidah Buaya 
Nama Lain / Alternatif : Aloevera 
Banyaknya Lidah Buaya yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
Bagian Lidah Buaya yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 73 % 
  • Jumlah Kandungan Energi Lidah Buaya = 4 kkal 
  • Jumlah Kandungan Protein Lidah Buaya = 0,1 gr 
  • Jumlah Kandungan Lemak Lidah Buaya = 0,2 gr 
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Lidah Buaya = 0,4 gr 
  • Jumlah Kandungan Kalsium Lidah Buaya = 85 mg 
  • Jumlah Kandungan Fosfor Lidah Buaya = 186 mg 
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Lidah Buaya = 0,8 mg 
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Lidah Buaya = 0 IU 
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Lidah Buaya = 0,01 mg 
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Lidah Buaya = 0 mg 
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

MANFAAT TANAMAN LIDAH BUAYA

  1. Membantu Gerakan Usus. Aloe lateks mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang bermanfaat sebagai obat pencahar yang kuat.
  2. Menjaga Berat Badan. Jus lidah buaya telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan berat badan.. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Manfaat Lidah Buaya Untuk Penyembuhan Luka. lidah buaya membantu untuk mengembalikan jaringan kulit yang luka. Untuk kegunaan ini biasanya dengan menggunakan gel lidah buaya yaitu bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, yang juga digunakan untuk membantu mengatasi masalah eksternal seperti masalah pada kulit, mulai dari luka bakar, jerawat hingga masalah kulit akibat gigitan serangga.
  4. Melancarkan Pencernaan. Tanaman lidah buaya sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat yang membantu melancarkan pencernaan dan menjaga pencernaan supaya tetap sehat.
  5. Mengobati Bisul. Daun dilumatkan ditambah sedikit garam, tempelkan pada bisulnya.
  6. Menghilangkan Jerawat. Ambil saja lidah buaya, kemudian belah, lalu ambil getahnya atau lendir yang terdapat didalamnya. Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat kurang lebih selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat. lakukan cara ini 1 kali sehari.
  7. Menghilangkan Flek Hitam. Cuci muka dengan air bersih, setelah muka dibersihkan, ambil jelly lidah buayanya, lalu bersihkan dari lendir-lendirnya, lalu oleskan kemuka dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan kembali muka dengan air bersih dan keringkan. Lakukan minimal 2x sehari secara berturut-turut dan rutin.
  8. Kesehatan Bulu Mata. Sebelum tidur atau saat sedang bersantai, cuci bulu mata anda agar terbebas dari bahan kimia seperti maskara. Lalu ambil jelly lidah buaya dan oleskan dengan lembut serta pelan-pelan pada bulu mata, biarkan selama 30 menit lalu cuci dengan air hingga bersih. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang sempurna.
  9. Menyuburkan Alis. Jelly lidah buaya juga bisa digunakan untuk mempertebal alis mata. Caranya sebelum tidur jeli lidah buaya dioleskan ke bulu alis mata, lalu keesokan harinya ketika kita sudah bangu dari tidur, cuci hingga bersih. lakukan cara ini tiap hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna. 
  10. Perawatan Kulit. Ambil sepotong lidah buaya dan sisihkan bagian jely nya saja. Ingat, ini tidak termasuk cairan lengket yang menempel pada kulitnya. Hancurkan jely dan oleskan pada kulit sebelum tidur. Selain jerawat hilang, kulit juga akan menjadi lembut, bersinar dan tidak akan keriput. 
  11. Pembersih Make up. Anda boleh mencoba gel lidah buaya ini untuk membersihkan makeup Anda. Langsung mengambil gel alaminya, maka ia akan membersihkan makeup dengan lembut tanpa meninggalkan iritasi. 
  12. Melembabkan. Tak perlu bingung mencari pelembab yang alami dan aman untuk kulit sensitif. Anda cukup mencari yang berbahan lidah buaya sehingga kulit menjadi tetap dingin. Ia juga aman untuk kulit sensitif, kulit berjerawat. Bahkan lidah buaya akan membantu menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat. 
  13. Mengatasi Diabetes. Dengan merebus lidah buaya yang sudah dibuang durinya dengan 3 gelas air bersih dan tersia hinga menjadi 1 1/2 gelas. Minum ramuan ini 3 kali sehari masing-masing setengah gelas. 
  14. Mengobati Wasir. Siapkan setengah dari batang lidah buaya beserta dua sendok madu dan setengah cangkir air matang. Lalu parut lidah buaya, kemudian ditambahkan madu dan setengah cangkir air matang pada parutan tadi, kemudian aduk sampai rata dan saring untuk diambil airnya. Minum ramuan ini tiga kali sehari. 
  15. Penyubur rambut. Ambil daun lidah. buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar, digosokan ke kulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan. 
  16. Khasiat Lidah Buaya Sebagai Anti Oksidan. . Lidah buaya dapat di manfaatkan sebagai anti Oksidan sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mem¬bantu mencegah penyakit degeneratif. 
  17. Menghilangkan Ketombe. Lidah buaya dapat membantu dalam mengurangi gatal dan ketombe. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut sebelum Anda keramas. 

Itulah manfaat dan kandungan dari tanaman lidah buaya. semoga bermnfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content