7:21:00 AM
Kelor
MANFAAT DAN KANDUNGAN DAUN KELOR, Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter.[1] Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak.[1] Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur.

Nama umum Indonesia: Kelor, limaran (Jawa) Inggris : Moringa, ben-oil tree, clarifier tree, drumstick tree Melayu : kalor, merunggai, sajina Vietnam : Chùm ngây Thailand : ma-rum Pilipina : Malunggay

Kandungan Nutrisi pada daun Kelor, Buah Kelor Dan Akar Kelor:

Nutrisi yang di miliki daun kelor adalah paling komplek jika di bandingkan dengan tumbuhan jenis lain. daun kelor juga memiliki jumlah kandungan vitamin-vitamin dan mineral, daun ini juga mempunyai segala asam amino essensial. Asam amino ini, tidak di produksi oleh tubuh maka dari itu ia harus disuplai dalam bentuk jadi.

Asam amino kebutuhanya bagi tubuh kita sangat besar sebagai zat pembentukan protein. Penelitian secara ilmiah juga telah membuktikan daun kelor tidak memiliki kandungan zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Bahkan Vitamin A yang terkandung pada daun kelor lebih banyak di banding wortel dalam jumlah berat yang sama. Vitamin C yang di miliki daun kelor juga lebih tinggi di bandingkan kandungan vitamin C pada buah jeruk, kadar kalsium pada daun ini juga 4x lebih banyak dibandingkan susu, potasium 3x lebih besar dibandingkan buah pisang, protein 2x lebih banyak dibanding telur dan Fe atau Zat besi jauh lebih tinggi di bandingkan sayur bayam.

Kulit akar Pohon kelor memiliki kandungan minyak terbang. Biji buah kelor atau dalam bahasa jawa biasa di sebut kelentang mengandung minyak behen, dan juga memiliki zat myrosine, emulsine,alkaloida yang berasa pahit tidak beracun, juga meiliki vitamin A,B1,B2 dan Vitamin C pada bagian sel-sel tertentu. Efek farmakologis yang dihasilkan daun kelor adalah Anti skorbut,Anti piretik dan Anti-inflamasi.

Khasiat dan Manfaat daun Kelor Untuk Pengobatan

Manfaat Khasiat Daun Kelor Serta Cara Meramu Obat Tradisional Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Daun kelor mampu menruunkan kadar gula darah.
  2. Daun kelor sangat baik untuk pengobatan dan mengatasi rematik.
  3. Daun kelor adalah obat pegal linu,ecok dan Pereda Nyeri alami.

  • Rematik, Nyeri dan Pegal Linu. Tumbuk halus dua gagang daun kelor dan setengah sendok makan kapur sirih lalu gosok ke bagian tubuh yang sakit sebagai param.
  • Sakit Mata. Tumbuk halus tiga gagang daun kelor dan diberi air satu gelas, aduk sampai merata, diamkan sampai ampasnya mengendap dan gunakan airnya sebagai tetes mata.
  • Cacingan. Rebus tiga gagang daun kelor, satu gagang daun cabai, 1-2 batang meniran dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, saring rebusan air tersebut dan diminum rutin setiap hari.
  • Alergi. Rebus tiga gagang daun kelor, satu siung bawang merah, adas pulasari secukupnya tambahkan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal dua gelas, kemudian disaring dan minum rutin setiap hari
  • Herpes,Kurap dan Luka Bernanah. Tujuh gagang daun kelor ditumbuk sampai halus dan tempelkan ke bagian yang luka sebagai obat luar.
  • Menghilangkan Flek Wajah. Pilih beberapa lembar daun kelor yang masih muda, ditumbuk sehalus mungkin dan gunakan sebagai bedak atau dicampur dengan bedak.
  • Penghancur Batu Ginjal. Daun kelor dibuat sayur bening, dimakan rutin setiap hari selama kurang lebih satu bulan, batu ginjal akan luruh dan keluar bersama air kencing. 
Daun Kelor memang terbukti dapat mengobati demam, membangun kembali tulang yang lemah, mengatasi kekurangan darah, membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan membantu memenuhi gizi yang kurang, namun yang perlu diwaspadai adalah adanya penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak daun kelor dapat menyebabkan kerusakan hati, ginjal dan pembentukan sperma ketika dosis melebihi 1000 Mg/kg BB.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content